Keunikan Arsitektur Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri

Keunikan-arsitektur-masjid-kubah-emas-Dian-Al-Mahri

Keunikan Arsitektur Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri
Masjid merupakan tempat peribadahan orang islam. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid di zaman Rosulullah SAW juga digunakan sebagai tempat berkumpul dengan sahabat-sahabatnya. Jika membahas tantang masjid, tentunya tidak bisa dilepaskan dengan keunikan arsitekturnya. Yaitu hiasan atas masjid yang berbentuk khas, yang dinamakan kubah masjid. Kubah masjid memiliki bentuk yang unik dan bermacam-macam.

Kubah masjid dibuat dengan bermacam-macam bahan, misalnya dengan menggunakan semen, stainless atau bahkan emas dan perak. di negara -negara islam, banyak sekali masjid-masjid yang menggunakan kubah berbahan emas. Salah satunya adalah negara kita, yaitu Indonesia. Salah satu masjid di Indonesia yang memiliki kubah masjid berbahan emas adalah Masjid Dian Al Mahri.

Masjid Dian Al Mahri adalah masjid pertama kali di Indonesia yang memiliki kubah berbahan emas. Masjid ini didirikan pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Sedangkan dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006. Masjid ini didirikan di atas tanah 60 x 120 meter atau kurang lebih sekitar 8000 meter. Selain digunakan untuk tempat ibadah, masjid ini juga sering dipakai sebagai tempat rekreasi karena memiliki halaman yang cukup luas. Bahkan tidak sedikit orang yang mengajak keluarga untuk rekreasi ke masjid ini, sekalian menikmati keindahan kubah masjid Dian Al Mahri.

Masjid ini terletak di kota Depok, masjid ini tampak indah dan unik karena kubah masjidnya yang berbahan emas. Hal ini menyebabkan masjid terlihat sangat indah dan mewah. Selain keunikan kubahnya yang berbahan emas, masih ada lagi keunikan-keunikan dari kubah masjid Dian Al Mahri ini. Berikut adalah beberapa keunikan kubah masjid Dian Al Mahri.

Keunikan kubah masjid Dian Al Mahri yang pertama adalah memiliki 1 kubah utama 4 kubah pendamping yang terbuat dari emas. Bisa dibayangkan, bagaimana jika anda melihat sebuah emas berukuran besar yang megah terpampang di atas masjid. Maka yang ada di benak kita hanyalah kagum akan keindahannya. Tebal emas kubah masjid Dian Al Mahri sekitar 2-3 milimeter.

Keunikan yang kedua adalah Kubah utama masjid Dian Al Mahri sangat mirip dengan kubah Taj Mahal di India. Tidak diketahui apakah hal ini merupakan unsur kesengajaan dari pihak arsitek masjid atau memang hanya kebetulan saja.

Keunikan yang ketiga adalah Kubah utama masjid Dian Al Mahri memiliki ukuran yang sangat besar, yaitu dengan diameter lingkaran bawah 16 meter, dan diameter tengah kubah yaitu 20 meter dan tinggi kubah 8 meter. Sehingga membuat kubah masjid Dian Al Mahri tampak sangat wibawa. Bagi anda yang penasaran dengan masjid Dian Al Mahri, bisa datang ke kota Depok untuk menikmati keindahan kubah emasnya secara langsung.