Masjid Raya Al A’zhom Miliki Kubah Terbesar Di Dunia

Masjid-Raya-Al-Azhom-Miliki-Kubah-Terbesar-di-Dunia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masjid Raya Al A’zhom Miliki Kubah Terbesar Di Dunia
Selain terkenal dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki jumlah masjid yang sangat banyak dibandingkan dengan masjid-masjid di negara-negara lainnya. Dan banyak diantaranya yang dibangun dengan sangat megah, seperti masjid Dian Al Mahri yang terkenal dengan kubah emasnya. Tidak hanya terkenal dengan masjid berkubah emasnya, Indonesia juga memiliki masjid dengan kubah masjid terbesar di dunia.

Masjid Apakah Yang Memiliki Kubah Masjid Terbesar Di Dunia ?

Masjid yang memiliki kubah masjid terbesar di dunia adalah Masjid Raya Al A’zhom, yaitu yang terdapat di kota Tangerang. Lebih tepatnya masjid ini bertempat di dalam komplek pemerintahan kota Tangerang, Banten. Masjid ini dibangun pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 2003. Dan diresmikan pada tahun yang sama oleh menteri agama RI saat itu.

Tidak hanya dikenal dengan kubah masjid yang terbesar di dunia, masjid ini juga memiliki keunikan-keunikan lain pada kubahnya. Apa saja keunikannya? Dari pada penasaran, berikut adalah beberapa keunikan-keunikan yang dimiliki oleh masjid dengan kubah terbesar di Indonesia bahkan di dunia.

Keunikan-Keunikan Kubah Masjid Raya Al A’zhom

Ukuran Kubah Masjid Raya Al A’Zhom
Keunikan yang paling menonjol adalah ukuran kubah masjid yang tergolong sangat besar. Masjid Raya Al A’zhom memiliki diameter kubah mencapai 63 meter. Pantas jika masjid ini dinobatkan sebagai masjid yang memiliki kubah masjid terbesar di dunia.

Tidak menggunakan tiang penyangga pada kubahnya
Dengan ukuran yang sangat besar, maka kita akan berfikir kalau masjid tersebut akan menggunakan banyak tiang penyangga pada bagian kubahnya. Tapi malah sebaliknya, masjid tersebut sama sekali tidak memiliki penyangga satupun di bagian kubahnya. Yang unik adalah 4 kubah pendamping seperti ibarat manusia yang gotong royong untuk menyangga kubah utama, sehingga kubah utama kokoh berdiri. Kelima kubah seperti satu ikatan yang melambangkan orang islam yang suka berjamaah dan saling menolong antar sesama.

Kubah berjumlah lima buah
Apa yang unik dari jumlah kubah ? jumlah kubah masjid yang berjumlah lima, mempunyai makna yang mendalam bagi umat islam. Bahwasanya dengan melihat kubah yang berjumlah lima, maka diharapkan kita kan senantiasa mengingat Rukun Islam yang harus kita kerjakan, yaitu berjumlah lima.

Desain kubah
Kubah masjid terbesar di dunia ini, konon memiliki desain kubah yang berbeda dengan masjid-masjid lain di seluruh dunia. Apa yang membedakan ? yang membedakan adalah penempatan kubah yang saling bergandengan dan bersatu untuk menyangga kubah utama, sehingga kubah utama akan kokoh berdiri di antara kubah-kubah yang lain. Tidak ada tiang penyangga, karena tiang penyangga sudah terwakilkan dengan kubah-kubah pendamping yang berjumlah empat.

Hiasan kubah/ Ornamen kubah
Tidak hanya megah dan besar, kubah masjid terbesar di dunia ini juga memiliki hiasan kubah yang unik. Pada keempat sisi dalam kubah penyangga atau 4 kubah pendamping, terdapat tulisan-tulisan ayat suci Al-Qur’an dan Asmaul Khusna yang sangat indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>