Mengenal Masjid Raya Al Irsyad yang Keren

masjid-al-irsyad-jawa-barat-bandung-1024x576

Masjid Modern Minimalis Al Irsyad Bandung Kota Baru Paru Parahyangan – Masjid merupakan tempat ibadah untuk umat Islam dan termasuk Anda. Dari arsitektur, interior, eksterior bangunan saja dari dulu sampai sekarang mulai berubah.

Nah, kami akan sedikit memberi informasi untuk Anda mengenai Masjid bergaya bangunan kubah di Arab Saudi yang bangunan ini berlokasi dekat dengan Kabupaten Bandung, yakni Masjid Al-Iryad. Berikut Anda akan mengenal lebih dekat Masjid Al-Isyad dari gaya, arsitektur, dll. Berikut kami beri informasinya:

Masjid Al-Irsyad Bandung
masjid al irsyad al islamiyyah, sejarah masjid al irsyad al islamiyyah bandung,
imarupadhatuunmermalang.wordpress.com
Masjid ini merupakan sebuah masjid yang lokasinya sendiri dekat dengan Kabupaten di Bandung Jawa Barat, Indonesia. Untuk masjid ini dibangun pada awal tahun 2009 dan terselesaikan pada awal tahun 2010.

masjid-al-irsyad-570x320

Bangunan masjid ini sendiri sekilas hanya seperti kubus besar, layaknya bangunan kubah di Arab Saudi. Konsep inipun, jika Anda lihat dari luar akan terlihat garis-garis warna hitam di seluruh bangunan Masjid Al-Irsyad.

batu-peresmian-masjid-al-irsyad-1024x874

batu peresmian masjid al irsyad bandung, lokasi masjid al irsyad bandung, masjid al irsyad bandung jawa barat,

Masjid Al Irsyad ini diesmikan tepat pada 17 Ramadhan 1431 Hijriah atau 27 Agustus 2010 lalu. Arsitektur bangunan ini terlihat unik, megah, dan kokoh. Beberapa bulan setelah itu, Masjid Al-Irsyad memiliki arsitektur bangunan memukau, dan langsung dapat penghargaan bergengsi di peringkat Dunia.

Prana Luar Masjid Al Irsyad Bandung
masjid al irsyad bandung, sejarah masjid al irsyad bandung jawa barat, kontraktor masjid al irsyad bandung jawa barat, masjid al irsyad parahyangan
masjid-al-iryad-bandung-1024x799
Masjid Al-Irsyad sendiri merupakan bangunan yang dikembangkan di kawasan Kota Baru Parahyangan, yakni PT. Belaputra Intiland. Jika Anda berkunjung ke sana, lebih lengkapnya di Jl. Parahyangan Km 2.7. Kota Baru Parahyangan, Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat.

Rancangan bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek yang ahli di negeri tanah tercinta kita, yakni Ridwan Kamil atau akrab kita panggil Kang Emil tahun ini 2018. Kang Emil terpilih menjadi orang nomor 1 di Kota Bandung.

“Ridwan Kamil memimpin Kota Bandung periode 2013 sampai 2018”

masjid-al-irsyad-eksterior-1024x683

Arsitektur Masjid Al-Irsyad
masjid al-irsyad bandung, sejarah masjid al-iryad, kontraktor masjid al-irsyad, masjid raya indonesia
archdaily.com
Arsitektur Masjid Al-Irsyad ini mirip Kakbah. Warna sendiri memiliki dasar abu-abu. Penataan batu bata pada keseluruhan dinding nya sendiri begitu mengagumkan. Batu bata disusun berbentuk lubang atau celah di antara bangunan solid.

masjid al-iryad jawa barat bandung, sejarah masjid al-irsyad, arsitektur masjid al-irsyad bandung, kontraktor masjid al-irsyad bandung
Masjid-Al-Irsyad-bandung-Jawa-Barat-1024x683
Masjid Al-Irsyad telah menciptakan desain uik sebuah masjid yang memanfaatkan sinar matahari. Awal sampai selesainya bangunan ini menghasbiskan dana sebesar Rp 7 Miliar. Rancangan seperti arah kiblat telah dibuat terbuka dengan pemandangan alam. Saat senja, sinar matahari akan masuk dari bagian depan masjid yang tak sedikitpun berdinding.

masjid-al-irsyad-tempat-imam-1024x684

Jika Anda berkunjung ke Kota Bandung, coba wisata religi ke Masjid Al-Irsyad. Anda akan melihat, saat senja sinar matahari akan masuk dari bagian depan masjid yang tak berdinding tersebut.

Di sisi kejauhan Anda akan melihat, akan menghadirkan lafaz Arab yang Anda terbaca dua kalimat tauhid. Kalimat “Laailaha Ilallah Muhammad Rasulullah”, yang artinya Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad merupakan utusan Allah.

masjid al-irsyad bandung, sejarah masjid al-irsyad, kontraktor kubah masjid al-irsyad

Kekuatan desain Masjid Al-Irsyad akan tampak, Anda akan melihat pada embedding teks kaligrafi Arab dengan jenis tulisan khat kufi. Bentuknya, dua kalimat tauhid yang melekat pada tiga sisi bangunan dalam bentuk susunan batu bata, yang memang dirancang sebagai kaligrafi tiga dimensi raksasa.

Megahnya Masjid Al-Irsyad
masjid al irsyad bandung jawa barat

Masjid ini memang megah, bagaimana tidak luasnya 1.871 meter persegi, dan memiliki tiga warna putih, hitam, abu-abu. Susunan tiga warna inipun menjadikan tampil cantik, modern, simpel. Akan tetapi, tetap elegan dan enak dipandang mata kita.

Interior Eksterior Masjid Al-Irsyad
masjid al irsyad bandung, sejarah masjid al irsyad, kubah masjid al irsyad, harga kubah masjid al irsyad bandung,
kemegahan-masjid-al-irsyad
Interior Masjid Al-Irsyad, jumlah lampu yang memang dirancang sebanyak 99 buah. Simbol ini seperti 99 nama-nama Allah SWT atau kita sebut “Asmaul Husna”. Masing-masing lampu yang berbentuk kotak itu, dan terdapat tulisan nama Allah SWT.

Tulisan pada lampu tersebut dapat Anda baca secara jelas, dari mulai sisi depan kanan masji sampai tulisan ke-99 pada sisi kiri bagian belakang masjid.

Ruang shalat di masjid Al-Irsyad mampu menampung sekitar 1.500 jamaah ini. Bangunan ini dirancang oleh Ridwan Kamil tidak memiliki tiang atau pilar di tengah untuk menopang atap, menjadi terasa luas. Hanya empat sisi dinding saja menjadi pembatas dan penopang atapnya.

Bangunan ini memiliki celah-celah angin pada empat sisi dinding masjid, fungsinya sendiri akan menjadi sirkulasi udara di ruang masjid akan membaik. Anda di sana tidak akan merasa gerah, panas meski tidak ada AC atau kipas angin.

Pada sisi imam sengaja tanpa dinding, inipun menggambarkan bahwa setiap makhluk yang shalat dia akan menghadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Lanskap dan ruang dibuat terbuka, sengaji dirancang berbentuk garis-garis melingkar yang mengililingi bangunan masjid. Lingkaran-lingkaran juga mengelilingi yang berada di masjid, semua terinspirasi dari konsep tawaf ketika Anda berkunjung mengelilingi Ka’bah.

Eksterior Masjid Al-Irsyad
masjid al irsyad bandung payahrangan, sejarah masjid al irsyad bandung
masjid-al-irsyad.-nama-dan-alamat-1024x683
Bagian Eksterior bangunan masjid ini, memiliki bentuk masjid hanya seperti kubus besar layaknya Ka’bah di Masjidil Haram, Arab Saudi. Menurut sang arsitek dalam berbagai media dan informasi lainnya.

Kubah hanya bagian dari identitas budaya, sehingga beliau pun hanya memilih untuk menampilkan identitas keislaman melalui syahadat raksasa. Kalimat ini ditampilkan melalui susunan bata pembentuk dinding masjid.

masjid al irsyad bandung, kontraktor masjid al irsyad bandung

Konsep ini, jika kita lihat garis-garis hitam di sekujur dinding masjid. Jika kita cermati, kisi-kisi dinding dengan susunan bata tembus atau boling dengan bentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab. Teknik ini menjadi rancangan bangunan layak seni kaligrafi tiga dimensi dengan ukuran yang tak biasa.

Selain itu, rancangan kisi-kisi berfungsi sebagai penerangan yang sifatnya bolak-balik dan begitu artistik. Siang hari, cahaya alami matahari akan menembus langsung ke dalam.

Nah, pada momen ini, cahaya tersebut terlihat seperti sebuah elemen digital yang terbentuk kalimat syahadat. Pada malamnya cahaya dari dalam masjid akan memancar keluar, membentuk kaligrafi syahadat yang berpencar.

Tak dapat dipungkiri, Masjid Al-Irsyad merupakan sebuah mahakarya seni bangunan kontemporer yang telah mendobrak tradisi bentuk masjid selama ini. Tidak heran juga masjid ini terkenal sampai belahan dunia dan perancanpun Kang Emil membuat sebuah maha karya besar bagi perkembangan seni arsitek.

Pada bulan Ramadhan seperti zaman ini banyak orang dari berbeagai daerah yang dengan sengaja untuk singgah ke Masjid Al-Irsyad Bandung. Beri’tikaf , melakukan ibadah Ramadhan lain, dan tak lepas dari pengunjung untuk mengabadikan keindahan bangunan masjid dan Anda atau yang lain foto2.

Tak hanya itu semua pengunjung bisa menikmati keindahan lingkungan sekitar masjid. Setelah itu disebutkan beberapa keterangan mengenai Masjid Al-Irsyad, dan juga tidak ada alasan bagi warga Bandung untuk mengenal dan tahu akan keberadaan Masjid Fenomenal ini.