Atap Lengkung

ATAP LENGKUNG

Struktur Rangka Pipa Atap Lengkung mungkin bahasa lengkapnya seperti itu. Dalam dunia konstruksi baja/besi dulu rangka kolom maupun rangka atap nya sering menggunakan besi H beam (Khusus untuk kolom) dan iwf (untuk kolom maupun kuda2 atau rafter) dan bangunan tersebut identik untuk bangunan gudang atau pabrik. Dengan majunya jaman dan estetika bangunan maka banyak bermunculan bangunan bangunan dengan menggunakan atap lengkung. Yang dulunya bangunan bangunan tersebut identik dengan gudang atau pabrik maka bangunan bangunan untuk gelanggang olah raga (GOR) banyak yang menggunakan atap lengkung sehingga tampak beda antara bangunan gudang atau pabrik dengan bangunan bangunan gelanggang olah raga atau bangunan bangunan lainnya. Maka dari itulah bermunculanlah bangunan bangunan dengan menggunakan konstruksi pipa atap lengkung.

atap-lengkung
Rangka Pipa Atap lengkung adalah istilah dari atap yang berbentuk lengkung. Atap lengkung sendiri umumnya terdiri dari rangka pipa yang dilas maupun yang sistem jointnya menggunakan ball joint. atapnya merupakan plat galvalume lengkung yang berfungsi sebagai penutup atap dan dinding yang mempunyai tampilan menarik dan memiliki jarak gelombang yang tegas dan lebar. Penggunaan atap ini dapat menghemat biaya dan bisa digunakan di bangunan perumahan, komersil maupun industri. Di Indonesia atap ini cukup dikenal karena fungsi lengkungnya.

Kegunaan Atap Lengkung
Atap Lengkung telah menjadi solusi untuk proyek bangunan infrastruktur skala besar. Bangunan ini cocok digunakan untuk bangunan yang berukuran besar seperti bandara, lapangan futsal, gudang, pabrik bahkan stadion. Penggunaan atap lengkung bisa dibentuk sesuai kebutuhan konsumen, seperti melengkung dan bergelombang atau bahkan siku patah-patah.

Bahan Atap Lengkung
Bahan dasar yang diterapkan pada Atap Lengkung ada dua pilihan, yaitu atap lengkung galvalume dan atap lengkung aluminium

Jika membutuhkan lengkungan yang tajam maka dapat menggunakan atap lengkung aluminium, karena atap lengkung galvalume tidak dapat menyamai kelenturan alumunium. Namun atap lengkung galvalume lebih kuat jika dibanding alumunium, untuk menyamakan kekuatan atap lengkung alumunium dengan atap lengkung galvalume kita bisa menambah ketebalan lembaran pada alumunium.

Jenis-Jenis Atap Lengkung
Beberapa jenis dari atap lengkung antara lain:

Curve & Crimp

Leland-Crimp-Curve-Roofing_

Atap ini merupakan penerusan dari atap datar yang sudah ada, lalu diproses lagi dalam mesin crimp untuk membentuk lengkung. Atap ini cocok untuk bangunan stadion, penutup conveyor, dll. Crimp bertujuan untuk memaksa penekukan agar atap yang lurus dapat dengan kaku membentuk lingkaran, sampai saat ini kami menyediakan atap crimp dengan 2 model yaitu tipe 680 dan 750.

Atap Standing Seam

Minami Pictures

Merupakan atap dengan lengkung yang membesar dan mengecil pada lebar bahan atap, atap ini tidak membutuhkan paku karena dipasang pada fixing/halter lalu dijahit tekuk atau di-seaming. Atap ini merupakan atap yang akan popular di masa mendatang, dikarenakan bisa menjawab model-model kubah, stadion dengan atap model bulan sabit, dll.

Atap ini lebih cenderung untuk memakai bahan tebal dikarenakan tulangan pada sisi lembah tidak banyak dan lebih mengandalkan rib di kiri / kanannya.

Khusus untuk model ini, setiap proyek akan kami tangani dengan Single Responsibility dikarenakan tidak mudah membuat sudut / pemotongan slitting dan bisa pas dipasang. Model atap ini membutuhkan tingkat ketelitian dan engineering yang cukup handal.

Atap Tanpa Rangka

24890681_035d9706-e3f6-4eb8-8877-3225d9dab81d_1238_695

Merupakan sistem atap yang sebenarnya sudah cukup lama dikembangkan di luar terutama di USA. Sistem ini cocok dipakai di model atap hanggar atau tipe yang memerlukan lengkung tapi bisa berdiri kokoh, sistem ini jelas menghemat rangka.

Ukuran Atap Lengkung
Atap ini tersedia dalam ketebalan 1 mm ke atas dan disarankan untuk tidak memakai ketebalan di bawah 1 mm, dikarenakan atap ini harus dijahit dengan sistem seaming seam yaitu semacam alat penjepit yang menyatukan semua rib pada ujungnya, sedangkan pada arah tranveral ujung dari lengkung tersebut harus dibaut supaya tetap berdiri kokoh. Pemasangan pada tingkat radius kelengkungan tertentu harus memakai crane.

Material Atap Lengkung
ATAP LENGKUNG ZINCALUME atau ATAP LENGKUNG GALVALUME

76atap U 575 94atap-lengkung
Bahan Galvalume atau Zincalume adalah Lapisan Galvanis Campuran Seng dan Aluminium. Penggunaan seng (zinc) untuk kebutuhan bahan atap dan dinding, nampaknya sudah cukup membudaya di masyarakat. Seiring dengan kemajuan di bidang teknologi, material ini terus mengalami inovasi dan peningkatan, baik dari segi kualitas maupun estetikanya.
Dengan cara mencampur antara material seng dan aliminium, baik dengan warna, akan diperoleh material yang berdaya tahan tinggi dan semakin artistik dalam penampilannya.

ATAP LENGKUNG GALVALUME
Inovasi atap lengkung galvalum membuat tampilan atap lebih indah dan kuat karena tidak ada sambungan pada panjang Atap: cocok untuk Canopy Rumah, Lapangan Futsal, Atap Ruko,Carport, penutup konfeyor, Halte dll

Kontraktor Spesialis Produsen Kubah Masjid Enamel Galvalume dan Space Frame 081217404799